Cara Merawat Kucing Hamil

Setelah 1 bulan lalu kita coba mengawinkan kucing betina yang saya miliki, tentunya besar harapan saya, si jessi hamil. Sebelum masuk ke topik utama yaitu bagaimana cara merawat kucing hamil, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu ciri-ciri kucing hamil.

Secara fisik, jika usia kemahilan sudah cukup umur, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melihat kucing sedang hamil atau tidak, dari bentuk perutnya yang besar pun pasti bisa terlihat. Cukup mudah bukan ? hehe…

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mengetahui ciri-ciri kehamilan pada kucing di awal-awal usia kehamilan. Apalagi jika kita memang berniat memiliki anak kucing dari hasil perkawinan yang sudah di rencanakan.

Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman yang saya alami, jika kucing mengalami kehamilan :

  1. Nafsu makan Si Jessi meningkat : hal ini wajar, karena kucing hamil sama halnya dengan manusia butuh tambahan protein untuk dirinya sendiri dan janinnya.
  2. Manja dan lebih pendiam : Si jessi berubah menjadi manja selalu ingin di usap-usap kepalanya, jadi lebih pendiam dan lebih banyak rebahan.
  3. Puting Si Jessi mulai membesar.

Cara Merawat Kucing Hamil

Setelah mengenal ciri-ciri di atas dan merasa yakin kucing kesayangan kita mengalami kehamilan, langkah berikutnya adalah, merawatnya dengan tepat sampai dengan tiba hari kelahiran nanti. Masa kehamilan kucing berjalan sepanjang 59 – 70 hari.

Dari beberapa hari paling akhir sebelum akan lahir, induk jadi gelisah serta mulai mencari tempat yang tenang untuk melahirkan anaknya. Induk kucing berupaya meningkatkan bau badannya didaerah seputar tempat dia akan melahirkan dengan maksud untuk memudahkan anak-anaknya kembali sesudah bermain di sekitar sarang. Bersamaan mendekatnya saat kelahiran, nafsu makan pada induk kucing akan mulai menghilang. Gelisah serta nafas mulai terengah-engah dibarengi kontraksi. Cara dan tips mengurus kucing antara lain :

Cara Merawat Kucing Hamil
Cara Merawat Kucing Hamil
  1. berikanlah makan yang terbaik, lantaran kucing yang tengah hamil memerlukan banyak protein serta vitamin.
  2. Kucing hamil mesti ada didalam rumah serta terjaga kebersihannya.
  3. Janganlah memberi sembarang obat seperti obat kutu, obat jamur, obat cacing serta berapa obat yang mengandung antibiotik lantaran bisa menyebabkan cacat pada janin serta keguguran.
  4. Siapkan kandang/tempat yang nyaman serta hangat, dapat  memberikan kotak kardus yang besar yang berisi handuk atau mungkin alas seperti tatakan koran, langkah demikian sudahlah cukup memadai, dan letakkan di tempat yang hangat, tenang, bersih serta terawasi. dan pastikan tempat ini sudah ada minimal 1 minggu sebelum saat waktunya melahirkan.
  5. Jauhkan dia dari kucing-kucing lain. lantaran kucing yang sedang hamil tidak suka berada didekat kucing-kucing lain walaupun kucing itu telah sama-sama mengenal sejak lama. Insting keibuan serta proteksi bakal makin kuat ketika mendekati kelahiran, dan ada beberapa kucing melahirkan bisa akan segera menyerang kucing lain yang ingin mendekatinya.
  6. Siapkan persediaan makanan yang cukup, janganlah dibiarkan kucing anda sendirian dan kelaparan ketika melahirkan

Tinggalkan Balasan