Masa Penting 0-7 Hari Anak Kucing

Tak terasa sudah 7 hari usia Ciyo, Cilo, Ciko dan Coki. Ada beberapa hal yang coba saya rangkum di masa penting 0-7 hari anak kucing ini. Yang paling penting adalah pada usia ini, anak kucing sangat bergantung pada induknya, pastikan induk kucing dengan telaten mengurus anak-anaknya. Untuk kasus kucing saya, si induk tidak pernah jauh dari anak-anaknya, saat mendengar eongan anak-anaknya, dengan sigap dia menghampiri anak-anaknya untuk sekedar menjilati tubuh anaknya atau menyusui mereka.

masa penting 0-7 hari anak kucing
masa penting 0-7 hari anak kucing

Usia 0 – 4 hari

Saat lahir, anak kucing buta dan tuli. Anak kucing lahir dengan berat hanya sekitar seratus gram. Dijilati oleh ibunya untuk menyingkirkan kantung ari-arinya, dihangatkan dan distimulasi. Semua perlakuan ini memungkinkan anak kucing mencari dan menemukan puting susu induknya. Anak kucing belum dapat mengatur suhu tubuhnya sampai usia 3 minggu. Ia akan tidur di perut induknya untuk menyusu kolostrum yang mengandung banyak antibodi. Selain tidur di atas perut induknya, mereka akan tidur saling tumpuk untuk menjaga suhu tubuh mereka agar tetap hangat. Pada saat lahir hanya indera penciuman saja yang tumbuh cukup baik pada anak-anak kucing, hal ini terjadi karena indera ini diperlukan untuk mencari bau induknya dikarenakan untuk indera pendengaran dan penglihatan belum mereka miliki.

Bagian tubuh utama tidak berkembang pada tingkat yang sama. Anak kucing lahir dengan kepala yang relatif besar, dan kemudian bagian-bagian kepala mulai berkembang. Selanjutnya kaki kucing tumbuh jadi lebih panjang, akhirnya bagian lain tubuhnya berkembang sesuai proporsi tubuh pada saat dewasa.

Usia 5-7 hari

Pada usia ini indera pendengaran sudah mulai aktif, tapi belum diikuti dengan indera gerak lainnya, sehingga meskipun sudah mendengar, anak kucing belum bisa bergerak ke arah suara tersebut.

Periksa tali pusatnya dengan hati-hati. Umumnya, tali pusat akan puput secara bergantian pada tiap anak kucing dari hari ke hari. Pastikan tidak ada infeksi pada tali pusatnya. Pada hari ini bobot kucing sudah bertambah sebanyak satu setengah hingga dua kalinya dari bobot lahir. Anda dapat mengecek kenaikan bobot anak-anak kucing setiap hari untuk memastikan pertambahan berat badannya merata.

Mata kucing akan mulai membuka perlahan dari akhir minggu I hingga menjelang minggu II, periksa matanya dengan lembut. Pastikan tidak ada luka, nanah, dan kotoran disekitar matanya. Jangan arahkan mata kucing pada cahaya yang terlalu terang. Pada masa ini pandangannya masih terbatas dan iris mata masih berwarna biru keabuan.

Tinggalkan Balasan