Ciri-ciri Kucing Cacingan

Cacing…tidak pada manuasia ataupun kucing, jika tumbuh di dalam tubuh cukup merepotkan. Kali ini saya coba memberikan ciri-ciri kucing cacingan secara kasat mata agar kita bisa melakukan tindakan apa yang tepat agar kucing kesayangan kita terhindar dari bahaya cacingan.

Ciri-ciri Kucing Cacingan Secara Fisik

Secara fisik ada beberapa hal yang bisa kita lihat sebagai petunjuk agar kita cepat mengambil tindakan, antara lain :

  1. Feses Kucing : Ciri-ciri kucing cacingan bisa kamu lihat dari kotoran kucingnya. Jika kotoran berwarna gelap maka tandanya kucingmu kehilangan darah di dinding usus yang merupakan sarng cacing tambang. Jika kucingmu diare maka bisa jadi karena cacing mengganggu pencernaan dan mengambil ruang dalam usus. Di feses kucing ada noda darah.
  2. Warna gusi kucing : Tanda kucing cacingan selanjutnya ialah jika kucing Anda sehat maka gusinya berwarna merah muda seperti gusi manusia. Namun jika gusi kucing kamu berwarna putih atau pucat, maka bisa jadi kucingmu mengalami infeksi parasit. Jika memang gusinya pucat, segera bawa ke dokter hewan.

    Ciri-ciri Kucing Cacingan Dari Warna Gusi
    Ciri-ciri Kucing Cacingan Dari Warna Gusi
  3. Nafsu Makan : Kandungan cacing yang tinggi bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan.Hal ini disebabkan sejumlah faktor seperti radang selaput usus, sakit perut, atau ruang dalam usus yang direbut cacing-cacing tersebut.
  4. Kucing Muntah : Dalam kondisi normal, kucing biasanya memang muntah untuk membuang bulu-bulu (hair ball) yang tertelan. Tapi pada kasus ini, kucing memuntahkan makanannya kembali di sertai cacing di dalamnya.

Cara Mengatasi Kucing Cacingan

Cara yang paling efektif adalah membawa kucing peliharaan anda ke dokter hewan, akan lebih baik jika anda membawa contoh feses nya. Tapi jika ingin mencoba menyembuhkan sendiri, coba gunakan beberapa obat di bawah ini :

  1. Drontal Cat : Obat cacing ini memiliki dua kelebihan dari jenis obat cacing lainnya, bahan obat ini mengandung pyrantel dan prazyquantel. Sehingga dapat membasmi cacing gelang dan cacing pita sekaligus. Obat ini paling bagus untuk menangani kucing cacingan. Obat ini juga bisa di beli di petshop dan apotik terdekat rumah kamu.
  2. Combantrin : Obat cacing ini mengandung bahan dari pyrantel, yang berfungsi hanya dapat membasmi cacing gelang. Jika kucing kamu terdeteksi adanya cacing gelang dalam pencernaanya, maka obat ini sangat baik untuk mengobati kucing kamu. Pembelian obat ini bisa di dapatkan di apotik terdekat.
  3. Vermox : Jenis obat cacing ini mengandung bahan membendazol, fungsinya sama dengan combantrin yaitu juga dapat membasmi cacing gelang. Cara kerja obat ini dapat menghambat ambilan gliukosa secara irreversible yang akan terjadi pengosongan (deplesi) glikogen pada cacing. Sehingga cacing akan mati dan keluar dari tubuh dalam keadaan hancur berkeping keping. Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa mendapatkannya di apotik terdekat.

Kucing yang sehat tentunya dambaan kita sebagai pecinta kucing. Dengan begitu bisa menjadi obat penghilang stress untuk kita dengan bermain bersama kucing kesayangan. Untuk itu, jika terjadi hal-hal yang tidak biasa dengan kucing, akan lebih baik bersegeralah membawanya ke puskeswan atau dokter hewan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan