Cara Merawat Mata, Hidung, dan Telinga Kucing Dari Kotoran

Pada materi kali ini kucingan coba membahas cara merawat mata, hidung, dan telinga kucing dari kotoran. Kita yang memelihara kucing tentunya sangat menyayangi kucing kita bukan? Maka selain hanya memberinya makan juga banyak hal yang harus kita lakukan. Salah satunya adalah rutinitas harian memeriksa mata, hidung, dan telinga kucing.

Cara Merawat Mata, Hidung, dan Telinga Kucing Dari Kotoran

Mata

Biasanya jika manusia yang memiliki kotoran mata, kita akan mengatakan itu adalah akibat panas dalam atau juga karena kurang meminum air putih. Ada yang menulis bahwa kotoran mata pada kucing disebabkan oleh kotoran dari luar. Tetapi menurut pendapat saya, kerak-kerak yang tertinggal dekat ujung mata pada kucing bukanlah akibat dari terpapar kotoran melainkan seperti manusia, itu adalah akibat dari kurangnya cairan/air di tubuhnya. Tetapi pada anak kucing dan beberapa kucing, kotoran mata terjadi akibat kucing mengeluarkan air mata, dan air mata tersebut sebagian mengering dan mengeras menjadi kerak. Mau dibuktikan? Caranya cukup sederhana, perhatikan (terutama pada anak kucing), setelah kucingnya baru saja selesai makan, jika yang diberikan adalah dry food, umumnya mata kucing akan mengeluarkan air mata(entah karena makanannya terlalu keras atau ada sebab lainnya). Pada anak kucing, setelah air matanya mengering, maka akan mengeras dan menjadi kerak. Saya jarang memberi wet food sehingga belum pernah memperhatikan apakah setelah makan wet food terjadi hal yang sama atau tidak.

Apa yang akan terjadi jika kerak ini dibiarkan?

Untuk kucing yang cukup sensitif, hanya dalam satu dua hari saja sudah cukup untuk membuat kucing tersebut sakit mata (terutama pada anak kucing).

Apa tanda-tanda sakit mata akibat kerak ini?

Matanya tidak bisa membuka sepenuhnya, hanya bisa dibuka setengah atau bahkan kurang dari itu. Pada anak kucing, terkadang bahkan matanya tidak bisa dibuka sama sekali. Jika hal ini terjadi, kita harus membuka mata anak kucing tersebut, dan membersihkan ujung matanya.

Cara mengobati atau menghindarinya bagaimana?

Bersihkan mata kucing/anak kucing secara teratur SETIAP HARI. Sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah selesai makan. Mengapa harus setelah selesai makan? Karena seperti yang ditulis diatas, ketika makan dry food, kucing mengeluarkan air mata, sehingga jika tadinya berkerak, mungkin karena menjadi basah akan lebih mudah dibersihkan.

Bagaimana cara membersihkannya?

Saya biasanya langsung menggunakan tangan dan mengusap-usap bagian ujung mata dekat hidung(saluran/parit air matanya). Tetapi cara ini berisiko dicakar kucing (sengaja ataupun tidak) jika kucing tersebut belum cukup mengenal kita. Bisa juga menggunakan cotton bud (korek kuping yang ujungnya kapas) tapi pengalaman saya menggunakan ini justru membuat kucing saya semakin takut untuk didekati dibandingkan dengan langsung memakai tangan.

Hidung

Tidak banyak yang dapat dijelaskan tentang hidung kucing. Biasanya kotoran di hidungnya berupa kerak berwarna hitam dan terletak di ujung-ujung bagian bawah lubang hidungnya.

Apakah ada efeknya kalau tidak dibersihkan?

Sejauh yang saya tahu, tidak ada efeknya kecuali mungkin jika suatu saat karena terlalu tebal, kotoran hidungnya menutupi sebagian lubang hidungnya.

Cara membersihkannya?

Sama seperti membersihkan kotoran mata, bisa menggunakan tangan ataupun cotton bud. Terkadang keraknya itu menempel cukup kuat, sehingga jika langsung menggunakan tangan mungkin dapat kita korek sampai lepas. Tentunya jika kita terlalu kuat mengoreknya, kucing kita akan bereaksi, hati-hati dicakar.

Telinga

Kotoran telinga kucing biasanya hanya sedikit, tetapi justru bagian telinga ini yang harus diwaspadai.

Mengapa? Karena kotoran telinga (serumen) yang terlalu banyak di dalam telinga kucing adalah indikasi adanya kutu telinga, dan hal ini akan sangat merepotkan.

Mengapa merepotkan? Karena jika dibiarkan, kucing akan sering menggaruk bagian dalam telinganya dan terkadang akan sampai berdarah-darah, juga bulu di sekitar telinga akan terlihat botak karena sering digaruk. Hal yang lebih parah adalah infeksi yang terjadi akibat kutu telinga tersebut dapat mengakibatkan kucing tersebut menjadi tuli.

Cara membersihkan telinga kucing?

Gunakan cotton bud(cotton bud manusia saja sudah cukup. Hanya beberapa ribu untuk 50pcs). Tetapi disinilah perjuangan itu dimulai. Karena kucing akan sering sekali memberontak ketika kita ingin membersihkan telinganya. Jika telinganya telah menunjukkan tanda-tanda adanya kutu telinga, beli obat anti kutu telinga kucing(biasanya obat tetes) atau bisa juga membeli obat untuk memberantas seluruh kutu, tungau, dan cacing yang ada pada kucing.

Tinggalkan Balasan