Merawat Kitten Yang Kena Jamur

Ok kucingan, saat ini kucingan ingin sedikit share mengenai pengalaman merawat kitten yang kena jamur. Sebenarnya kucingan belum punya pengalaman neh bagaimana cara merawat kitten yang sedang kena jamur, apalagi dirawat sendiri di rumah. Oh iya, sampai dengan tulisan ini dibuat, kitten nya masih dalam perawatan ya, jadi bisa jadi tulisannya akan to be continued sampai kitten sembuah, he…he…

Jenis – jenis Jamur yang menyerang kucing

Oh iya, sebelum mulai, merawat, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu penyebab kitten kena jamur, atau apa seh sebenarnya jamur yang menyerang kitten itu, terus bagaimana itu jamur bisa nempel di kulit kitten.

Berikut ini jenis-jenis jamur yang biasanya menyerang kucing :

  1. Jamur Ringworm : Ringworm ialah jenis jamur yang menyerang kucing terutama kitten yang masih berumur dibawah satu tahun. Hal ini menyebabkan lesi melingkar di kepala hewan, kucing, telinga dan badan. Kulit di lingkungan lesi sering bersisik dan botak.
  2. Yeast : Infeksi jamur pada telinga ialah salah satu tempat yang paling umum untuk infeksi jamur. Gejala mungkin termasuk cairan hitam atau kuning, kemerahan pada daun telinga, dan terus menerus menggaruk telinga. Infeksi jamur mudah didiagnosis dan biasanya cepat sembuh terhadap pengobatan dengan obat anti jamur .
  3. Jamur Scabies : Yang dimaksud dengan Scabies hewan kucing ialah yaitu jenis jamur pada kucing yang disebabkan oleh tungau pada kepala Notoedres cati. Adapun yang menjadi gejala pertama ialah rasa gatal lingkungan kepala dan leher, bersama dengan rambut rontok dan munculnya bintik botak.

02 April 2019, Hari pertama merawat kitten yang kena jamur

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis jamur yang lain, tapi sepertinya ketiga jenis jamur di atas adalah yang paling sering menyerang kucing di negara tropis. Kalau melihat foto dan video di bawah, kira-kira kitten milik kucingan kena jamur apa ya ???

Merawat Kitten yang Kena Jamur
Merawat Kitten yang Kena Jamur

Balik lagi ke perawatan, setelah di timbang-timbang masak-masak, akhirnya kucingan memutuskan untuk merawat sendiri kitten yang kena jamur ini. Dan agar tidak kena efek samping, kucingan hanya menggunakan VCO saja yang di usap ke seluruh tubuh kitten.

Setelah 4 hari, berikut penampakan setelah setiap hari minyak VCO di usapkan ke tubuh kitten.

Merawat Kucing Kena Jamur Hari ke 4
Merawat Kucing Kena Jamur Hari ke 4
Kondisi di hari ke 4

Belum sembuh total seh, tapi paling tidak sudah mulai terlihat lebih bersih.

Apa itu minyak VCO ?

Oh iya, mungkin ada yang bertanya apa itu minyak VCO dan dimana kita bisa mendapatkan minyak tersebut. VCO itu kependekan dari Virgin Coconut Oil. Apa itu VCO ? apa perbedaannya dengan minyak kelapa biasa ? Perbedaan minyak kelapa biasa dengan VCO terlihat dari proses pengekstraksian. Minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak ini dihasilkan dari bagian daging kelapa yang kemudian dikeringkan atau disebut dengan kopra. Proses selanjutnya adalah digiling atau komprasi dingin dengan penambahan bahan kimia, seperti bahan pelembap sebanyak 6%. Sedangkan VCO, ekstraksi dihasilkan murni dari santan kelapa yang masih segar. Untuk menghasilkan VCO sendiri terdapat beberapa tahapan, yaitu fermentasi, churning atau proses pemisahan secara sentrifugal antara santan dan lapisan minyak, pendinginan dan pemberian aksi enzim untuk memisahkan antara minyak dengan air atau santan yang lembab. Sekarang ini sangat mudah sekali mendapatkan minyak VCO ini, temen-temen kucingan bisa dapat dari apotik, pet shop, ataupun secara online.

To be Continued ya….sampai benar-benar kittennya sembuh. Kira-kira berapa lama ya ????????

Tinggalkan Balasan